Senin, 16 Januari 2012

Bab 1. Seni Menjual dan Teknik Promosi

BAB 1. SENI MENJUAL DAN TEKNIK PROMOSI

A. SENI MENJUAL (Salesmanship)
     seni menjual adalah suatu usaha untuk mencapai hasil yang diinginkan dengan cara atau jalan menggunakan kepandaiaan ilmu menjual, sedangkan ilmu menjual adalah suatu kemampuan atau kecakapan untuk mempengaruhi orang-orang (konsumen) supaya mau membeli produk-produk yang kita tawarkan baik jasa maupun dagang agar dapat saling menguntungkan.

objek ilmu menjual terdiri dari 2 yaitu penjual dan produk yang dijual (berbentuk jasa maupun barang olahan).

maksud dan tujuan ilmu menjual yakni untuk merealisasikan kemampuan dalam seni menjual yang meliputi kepandaian menjual jasa maupun produk kepada para calon konsumen. sedangkan fungsi ilmu menjual yakni untuk membantu dalam kegiatan pelaksanaan kegiatan usaha.

profesi penjual bukan hanya sebagai tugas sampingan, tetapi harus sebagai pekerjaan yang menghasilkan dan merupakan karir dalam hidup yang menantang.

para penjual harus memiliki keterampilan :
1. memiliki kemampuan menjual yang bisa memuaskan para pembeli atau pelanggan.
2. memiliki kebanggan sebagai penjual.
3. keterampilan dalam menjual.
4. memiliki pengetahuan yang luas dalam menjual.
5. bisa melayani pelanggan dengan baik.
6. memiliki kepribadiaan (kejujuran, sopan, ramah) dalam melayani pelanggan

didalam seni menjual juga terdapat politik penjualan ( salles political ) yaitu suatu cara atau siasat untuk mencapai keberhasilan dlam melakukan kegiatan penjualan. Cara atau siasat yang digunakan haruslah cara yang positif dan bukan dengan cara memanipulasi yang negatif, tetapi transaksi jual dan bei haruslah saling menguntungkan kedua belah pihak, yakni penjual dan pembeli.


B. Keterampilan Teknik Menjual

 1. cara memperoleh perhatian pembeli
     Penjual dapat menarik perhatian calon pembeli atau konsumen sikap, perilaku, bahasa, tindakan, cara berpakaian dan cara berbicara, yang kemudian bisa membuat kesan pertama yang menyenangkan agar dapat tercipta cinta pada pemandangan pertama ( love at the first sight ) 

a. Cara mengadakan kontak 
   seorang penjual harus dapat melakukan kontak langsung dengan calon konsumen, seperti memperkenalkan diri sendiri, atau dengan perantara media (telepon, surat, dsb) atau dengan melalui suatu organisasi.

b. Cara menghadapi pembeli
    Seorang penjual yang baik harus dapat menghadapi pembeli dengan cara yang benar, agar pembeli tidak kabur ataupun tidak jadi membeli produk yang kita tawarkan maka dari itu pembeli harus dapat menciptakan suasana yang bersahabat, dan tanamkan rasa percaya diri agar mempermudah menentukan keputusan yang akan dibuat.

c. Cara mengadakan pendekatan dengan pembeli
    Pendekatan dengan calon pembeli memanglah sangat penting untuk dilakukan yang bisa dilakukan dengan cara memberikan salam dan sapaan kepada pembeli, kemudian memberikan penjelasan tentang produk yang ditawarkan tetapi jangan lupa berikan kesempatan kepada pembeli untuk bertanya.

2. Tipe-tipe pembeli
tipe-tipe pembeli dibagi menjadi beberapa jenis, yakni :
a. the deliberate costumers, yaitu pembeli yang mrnghendaki sesuatu tentang fakta-fakta dan cara-cara penggunaan produk yang akan dibeli, dan juga menggunakan banyak waktu untuk mempertimbangkan dan memutuskan produk tersebut.
b. the undecided costumers, yaitu pembeli yang tidak dapat memutuskan ukuran atau warna yang akan dibeli.
c. the know it all costumers, yaitu pembeli yang mengetahui segala-galanya.
d. the decided costumers, yaitu pembeli yang telah mengetahui dan memutuskan apa yang akan dibeli.
e. the i get discount costumers, yaitu pembeli yang selalu ingin mendapatkan potongan harga.
f. the talk active costumers, yaitu pelanggan/pembeli yang selalu banyak berbicara tetapi tidak tertuju pada pembelian.
g. the silent timid costumers, yaitu pelanggan/pembeli yang selalu merasa canggung atau takut karena kekurangan pengetahuan yang ia miliki.
h. the decided but mistaken costumers, yaitu pembeli atau pelanggan yang datang ke toko dengan keputusan dalam fikirannya untuk membeli produk tertentu.


sepertinya hanya segini aja ringkasan bab 1 nya, karena baru belajar hanya sampai disitu.. :)
hehe ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar